ADS

Kontribusi Pasar Otomotif Jatim Tumbuh Jadi 14%


Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan donasi pasar otomotif di Jawa Timur (Jatim) mengalami pertumbuhan, meski tipis, dari 13% menjadi 14%.

Sekretaris I Gaikindo Eddy Sumedi menyampaikan pertumbuhan industri otomotif di Jatim cukup anggun dan kontribusinya meningkat. Hal ini yang menyebabkan Gaikindo semangat untuk menggelar Gaikindo Indonesia Internatinal Auto Show (GIIAS) di Surabaya.

"Jatim cukup banyak membantu perkembangan industri otomotif nasional. Surabaya ini juga penggalan dari GIIAS yang harapannya dapat mewakili wilayah timur Indonesia ibarat Bali dan Lombok ," tuturnya dikala konferensi pers, Jumat (14/9/2018).

Tahun ini, GIIAS Surabaya 2018 disebut berpotensi mendatangkan 50.000 pengunjung dan menjual 1.200 unit mobil.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menambahkan Surabaya merupakan salah satu tempat penting dalam pekan raya otomotif. Secara pasar di Asia, Indonesia sudah mendekati posisi kedua untuk industri otomotif sesudah Thailand.

Di tengah tekanan ekonomi ibarat dikala ini, lanjutnya, industri otomotif masuk dalam sepuluh besar industri andalan Tanah Air. Otomotif masuk dalam posisi kedelapan, sedangkan kelapa sawit menempati peringkat pertama.

"Ini mengambarkan secara kebutuhan domestik kita sendiri tumbuh sebab otomotif itu merupakan proses yang memperlihatkan bermacam-macam lapangan kerja formal dan non formal," jelas Kukuh.

Untuk itu, Gaikindo meyakini tahun depan industri otomotif masih akan terus tumbuh konkret meski ada pesta politik yang biasanya cukup berpengaruh.

sumber: bisnis 

Subscribe to receive free email updates:

ADS