ADS

Unit Link? 4 Kelebihan Produk Unit Link Dan 10 Manfaat Perhiasan (Rider) Pada Tapro.




Apa itu Asuransi Jiwa Unit Link, yaitu produk Asuransi (proteksi) yang di gabungan atau di tautkan (linked) dengan Investasi dengan instrumen reksadana atau saham (berbentuk unit) yang di kelola oleh Perusahaan Asuransi yang sanggup saja bekerja sama dengan Perusahaan Manajer Investasi.

Fakta di lapangan masih memperlihatkan banyak Agen Asuransi yang masih salah dalam proses penawaran atau penjualan produk Unit Link, yaitu dengan cara memperlihatkan Investasi dengan bonus Asuransi, padahal berdasarkan aku sanggup saja ini yaitu kesalahan yang fatal di lalu hari.

Menurut aku Unit Link Adalah Produk Asuransi dengan bonus Investasi, Kenapa demikian, lantaran dalam beberapa usulan Asuransi, Investasi dalam unit link belom tentu ber tujuan untuk Investasi, melainkan untuk menjaga nilai tunai tetap cukup untuk membayar biaya Asuransi, kecuali dengan tujuan Investasi itu harus di atur dan di buat se demikian rupa.

Lalu apa kelebihan Asuransi Unit Link?
Menurut bukapolisasuransi.blogspot.com ada 4 keunggulan Unit Link :

Pertama, Asuransi Unit Link memperlihatkan banyak sekali asuransi embel-embel (rider), yang sanggup  di ambil satu paket menyerupai asuransi kesehatan, cacat tetap, penyakit kritis dan lain – lain. Dengan begitu, nasabah tidak perlu direpotkan lagi, mencari – cari sendiri asuransi tambahan, Tinggal di cocokan apa kebutuhan rider nya.
Kedua, dalam Asuransi Unit Link hasil investasi sanggup membantu pembayaran premi atau biaya asuransi, sehingga dana yang perlu dikeluarkan nasabah lebih sedikit, atau Ibaratnya nasabah kondusif lantaran terproteksi dan menerima bonus berupa Investasi.

Ketiga, untuk beberapa Kejadian saat premi kecil, misal dibawah 500 ribu, asuransi  unit link lebih sanggup mengakomodasi keadaan lantaran mendapatkan minimum premi yang lebih rendah untuk perlindungan dan Investasi, dibanding dengan Asuransi Jiwa jenis lain.

Keempat, dalam Asuransi Unit Link nasabah tidak perlu repot mengelola, atau mengolah instrumen investasi. Berbagai pilihan instrumen investasi, yang dikelola Manajer Investasi professional,  sudah disediakan oleh asuransi unit link. Nasabah tinggal pilih yang sesuai dengan profil risiko. Laporan monitoring perkembangan investasi rutin dikirimkan kepada pemegang polis.

Lalu apa pola produk Asuransi Unit Link yang bagus? 
Ada salah satu produk Asuransi Unit Link dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia, yang secara terkenal disebut TAPRO (Tabungan + Proteksi). Menurut aku istilah (tabungan) dalam TAPRO ini dipakai hanya untuk tujuan penyebutan yang simple atau praktis, alasannya yaitu arti yang sebetulnya yaitu investasi.

Perbedaan antara tabungan dan investasi : tabungan itu dijamin (Nilai Tunai), investasi tidak dijamin (Nilai Prospektus) ; laba tabungan tidak besar, laba investasi sanggup sangat besar namun ada kemungkinan rugi juga.

Ada dua jenis TAPRO di Allianz ,
yang pertama Jenis Konvensional (Smartlink Flexi Account Plus) dan  
yang ke dua Jenis Syariah ( Allisya Protection Plus) .
Contoh Proposal TAPRO dengan Rider lengkap :




TAPRO mengatakan manfaat asuransi dasar berupa perlindungan meninggal dunia sampai seumur hidup (atau usia 100 tahun). 
Dengan manfaat asuransi embel-embel atau ridernya terdiri dari:
  1. ADDB (Accident Death and Diability Benefit): Proteksi meninggal atau cacat lantaran kecelakaan.
  2.   TPD (Total Permanent Disability): Proteksi cacat tetap total.
  3.  CI+ (Critical Illness Plus), CIA (Critical Illness Accelerated), atau CI100 (Critical Illness 100): Proteksi penyakit kritis.
  4.   HSC+ (Hospital and Surgical Care +): Rawat inap dengan sistem cashless.
  5. Flexicare Family: Santunan rawat inap dan pembedahan dengan sistem reimburse.
  6.  Payor Benefit: Pembebasan premi terjadwal bila pemegang polis mengalami cacat tetap total atau penyakit kritis.
  7. Payor Protection: Pembebasan premi terjadwal bila pemegang polis meninggal dunia.
  8. Spouse Payor Benefit: Pembebasan premi terjadwal bila pasangan pemegang polis mengalami cacat tetap total atau penyakit kritis.
  9. Spouse Payor Protection: Pembebasan premi terjadwal bila pasangan pemegang polis (istri/suami) meninggal dunia.
  10. Term-life: Tambahan manfaat meninggal dunia.


TAPRO juga mengatakan bonus manfaat investasi yang sanggup ditarik bila ada keperluan. Investasi Tapro disalurkan pada instrumen reksadana yang sanggup  dipilih oleh nasabah, antara lain fixed income fund (reksadana pendapatan tetap), balanced fund (reksadana campuran), dan equity fund (reksadana saham).
Contoh Proposal TAPRO Fokus dengan 1 produk Manfaat Tambahan :










Produk Asuransi Unit Link mempunyai manfaat asuransi dan juga manfaat investasi. Tentang manfaat investasi pada Unit Link (termasuk TAPRO), menurut aku berfungsi sebagai bonus, bukan tujuan utama.

Jika anda mencari laba dari investasi, berdasarkan aku kurang sempurna memakai Asuransi sebagai instrumen investasi termasuk unit link. Tapi bila anda mencari asuransi, Unit Link dari perusahaan Asuransi rekanan bukapolisasuransi.blogspot.com boleh dipertimbangkan lantaran manfaat asuransinya mempunyai sejumlah keunggulan.

Apakah Anda sudah mempunyai produk Asuransi Unit Link? 

Sudah cukup puas dengan Manfaat yang Anda ambil?

Jika berminat untuk menambah polis atau sekedar aku bantu untuk review polis yang sudah Anda ambil, mari kita berdiskusi .

Salam Asuransi,
Muji Purkhon
[0819-32170010]


Subscribe to receive free email updates:

ADS