ADS

Asuransi Mobil, Hal Apa Yang Perlu Kau Ketahui Sebelum Mencoba Mengajukannya


Di tengah banyaknya risiko yang dimana-mana mengintai kendaraan beroda empat kesayangan Anda, tentu kita ingin menjaga dan merawat kendaraan andalan dengan sebaik mungkin biar umurnya pun awet. Selain perawatan menyerupai service rutin bulanan, salah satu langkah yang paling sempurna yaitu jaminan tunjangan terbaik melalui asuransi. Tak hanya demi melindungi kendaraan beroda empat kesayangan saja, dengan asuransi, kesehatan finansial kita pun sanggup tetap terjaga.

Bagaimana cara menentukan asuransi kendaraan beroda empat yang sempurna untuk kendaraan beroda empat kesayangan Anda? Sebelum mengajukannya, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Asuransi kendaraan beroda empat sebagai sebuah tunjangan khusus akan menjamin semua risiko kecelakaan dan kerusakan pada kendaraan beroda empat Anda yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi. Kaprikornus dikala Anda mempunyai asuransi mobil, otomatis Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan asuransi kendaraan beroda empat yakni kekuatan keuangan (security), dan jasa (service) biaya atau beban. Kedua faktor ini menjadi sangat penting bagi Anda yang tinggal di kota yang padat penduduk. Tak ada satu pun dari kita yang mengharapkan terlibat dalam situasi kecelakaan, kehilangan atau kerusakan mobil. Namun sayangnya, risiko itu selalu ada. Sehingga di sinilah kita memerlukan asuransi mobil. Berikut yaitu 5 hal yang perlu kita ketahui sebelum mengajukan asuransi.

1. Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)

Jenis asuransi Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)dikhususkan untuk menangani referensi perkara sebagai berikut. Misalkan, Pak Jery berada di dalam kendaraan beroda empat yang sedang dikendarainya, kemudian terjadi kecelakaan yang dikarenakan oleh dirinya sendiri. Kecelakaan tersebut menjadikan kendaraan beroda empat mengalami kerusakan yang teramat parah dan nilai perbaikan kendaraan beroda empat melebih dari harga kendaraan beroda empat sendiri.

2. Tanggungan Komprehensif (Comprehensive Coverage)

Asuransi Tanggungan Komprehensif disebut-sebut mengatakan manfaat yang sangat menguntungkan. Ambil contoh, Pak Jery sedang bepergian ke luar kota dengan kendaraan beroda empat dan tanpa disengaja dalam perjalanan ia menabrak seekor kijang dan mobilnya tertimpa pohon. Asuransi Tanggungan Komprehensif ini akan memberi jaminan dari semua situasi tersebut.

3. Liability Insurance

Memiliki kemiripan dengan asuransi Collision Coverage, Liability Insurance memberi jaminan dikala terjadi kecelakaan kendaraan beroda empat yang dikemudikan oleh Anda. Asuransi liability ini akan menanggung kerusakan properti dan perbaikan kendaraan beroda empat yang disebabkan oleh kecelakaan. Tak hanya itu saja, tagihan medis atas cedera dari kecelakaan yang terjadi pun akan ditanggung oleh asuransi jenis ini.

4. Motorist Protection

Asuransi Motorist Protection akan membantu pengemudi yang mengalami kecelakaan dengan menjamin biaya dari kerusakan yang terjadi. Asuransi jenis ini sudah diterapkan di beberapa negara menyerupai Amerika Serikat dan Eropa.

5. Personal Injury Protection

Asuransi Personal Injury Protection (PIP) merupakan tunjangan kecelakaan terhadap diri sendiri. Ada pun biaya tambahannya akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pengemudi dan juga penumpangnya.

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil, mari kita beralih ke langkah selanjutnya. Cara-cara yang lebih spesifik berikut sanggup membantu Anda menentukan dan tetapkan asuransi kendaraan beroda empat mana yang sempurna untuk si kendaraan beroda empat kesayangan. Apa saja?

1. Amati Rekam Jejak Perusahaan

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda akan ingin memastikan perusahaan asuransi yang Anda bidik mempunyai rekam jejak yang baik. Temukan review dari para nasabah yang sudah lebih dulu memakai produk mereka sebagai referensi pertimbangan Anda. Perhatikan apakah perusahaan itu memang sudah diakui atau dimonitori oleh forum tertentu. Lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Faktanya, dikala ini belum banyak juga perusahaan asuransi dan broker yang mendaftarkan diri ke OJK. Sehingga Anda akan ingin mengecek ke laman situs www.ojk.go.id atau menanyakan pribadi ke layanan konsumen OJK di telepon (021) 500655 guna mengetahui perusahaan asuransi mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda sanggup menentukan asuransi kendaraan beroda empat Simasnet atau Jasindo lantaran sudah terbukti oleh masyarakat dan terdaftar di OJK sebagai alternatif pilihan Anda.

2. Tidak Tergiur Harga Premi Rendah

Berhati-hatilah terhadap asuransi yang mengatakan harga premi rendah. Alih-alih terpengaruhi oleh iming-iming yang sekilas tampak menggiurkan, teliti dulu apakah ada udang di balik batu? Apakah cukup aman? Sebagai pengatur keuangan yang cerdas, kita tentu ingin lebih berhati-hati lagi dalam menafsirkan harga premi yang murah. Anda tidak akan mengambil sesuatu yang nantinya malah merugikan kocek Anda.

3. Memiliki Rekanan Bengkel Luas

Layaknya asuransi kesehatan, asuransi kendaraan beroda empat yang kredibel pun idealnya mempunyai rekanan bengkel yang tak hanya banyak tapi juga luas. Pastikan perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih mempunyai jaringan bengkel luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan yang luas akan memberi Anda keleluasaan serta kesempatan dalam menentukan bengkel kendaraan beroda empat yang terbaik untuk memperbaiki kendaraan beroda empat Anda kelak.

Mengingat keselamatan berkendara merupakan hal yang krusial, yaitu penting untuk melindungi diri, kendaraan beroda empat dan finansial kita dengan asuransi mobil. Faktanya, hanya asuransilah satu-satunya jaminan riil yang sanggup melindungi kendaraan beroda empat dan juga diri kita dari aneka macam risiko yang mengintai di luar sana. 

sumber:  bisnis 

Subscribe to receive free email updates:

ADS