ADS

Masih Lesu, Asuransi Umum Tetap Optimis Produk Suretyship Tumbuh 10% Tahun Ini


Salah satu lini bisnis asuransi umum ialah suretyship masih mengalami kelesuan hingga kuartal pertama tahun ini. Kendati begitu, produk tersebut diprediksi akan mulai agresif di kuartal kedua hingga selesai tahun ini.

Merujuk data AAUI, hingga Maret 2018, premi suretyship mencapai Rp 331,37 miliar. Angka tersebut menurun 8,8% dibanding Maret 2017 sebesar Rp 363,26 miliar.

Direktur Eksekutif Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe mengakui, bisnis suretyship masih belum agresif di periode pertama tahun ini alasannya belum banyaknya proyek-proyek yang tersedia sehingga hal ini turut berdampak ke bisnis asuransi.

Meski begitu, memasuki pertengahan tahun ini, AAUI yakin bisnis ini kembali terangkat dengan potensi yang masih cukup luas. "Biasanya anggaran turun di pertengahan tahun hingga selesai tahun sehingga mengerek bisnis ini," kata Dody kepada Kontan.co.id, Rabu (20/6).

AAUI memprediksi pertumbuhan asuransi umum di tahun 2018 konservatif sebesar 10%. Dengan demikian, semua lini bisnis asuransi termasuk produk suretyship diproyeksi tumbuh minimal 10%.

Pertumbuhan aktual tersebut juga diyakini oleh Asuransi Wahana Tata (Aswata). Hingga selesai tahun ini, Aswata membidik pertumbuhan 5% dari produk suretyship.

Kendati memang, berdasarkan Direktur Utama Aswata Christian Wanandi, dikala ini produk tersebut masih berkontribusi mini terhadap premi perusahaan sekitar 2%.

sumber: kontan 



Subscribe to receive free email updates:

ADS