ADS

Apakah Asuransi Kendaraan Beroda Empat All Risk Selalu Lebih Untung Daripada Asuransi Kendaraan Beroda Empat Total Lost Only?


Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, memakai jasa asuransi bagi seorang pemilik kendaraan beroda empat bukanlah suatu hal yang gila lagi. Bahkan biasanya, pemilik kendaraan beroda empat secara otomatis akan dibelikan asuransi kendaraan beroda empat all risk pada ketika ingin menyicil mobil.

Tetapi apakah asuransi kendaraan beroda empat all risk selalu lebih menguntungkan daripada asuransi kendaraan beroda empat total lost only bagi para pemilik kendaraan?

Mari kita simak rubrik berikut ini.

Asuransi Mobil
Risiko ketika berkendara di jalan tidak sanggup kita duga, apalagi kalau dalam kesehariannya Anda memakai kendaraan beroda empat eksklusif kemana pun Anda pergi.

Oleh sebab itu, sebagian besar orang menganggap asuransi kendaraan beroda empat sebagai suatu hal yang cukup penting untuk dimiliki sebab sanggup menawarkan pemberian terhadap kerugian finansial jawaban dari kecelakaan serta hal lainnya, yang mungkin terjadi kepada kendaraan beroda empat Anda.

Ada banyak laba yang sanggup Anda peroleh dari asuransi mobil, tetapi pada dasarnya lebih kepada pengalihan risiko finansial yang mungkin sanggup terjadi pada kendaraan beroda empat Anda, kepada perusahaan asuransi.

Terkait dengan asuransi mobil, terdapat 2 jenis pemberian yang sanggup diberikan oleh perusahaan asuransi, yaitu asuransi kendaraan beroda empat all risk dan asuransi kendaraan beroda empat total lost only.

Apa beda kedua asuransi tersebut? Mari kita bahas satu per satu.

Asuransi Mobil All Risk
Sesuai namanya, asuransi kendaraan beroda empat all risk menanggung segala risiko kendaraan Anda. Mulai dari rusak ringan, rusak berat, sampai hilang.

Namun, asuransi kendaraan beroda empat all risk mempunyai premi asuransi relatif mahal. Apalagi kalau memasukkan risiko huru-hara, banjir, dan kerusakan oleh pihak lain.

Premi asuransi kendaraan beroda empat all risk berkisar 2,5% – 3,5% dari harga kendaraan dan berlaku untuk satu tahun.

Misalnya, kendaraan beroda empat Anda berharga Rp200 juta, premi yang harus dibayarkan sekitar Rp5 juta sampai Rp7 juta per tahun.

Asuransi Mobil Total Lost Only (TLO)
Asuransi ini hanya mengganti bila kendaraan beroda empat Anda hilang atau rusak sangat berat sehingga tak sanggup diperbaiki lagi. Misalnya terjadi kecelakaan dan kerusakan di atas 75%, kendaraan beroda empat Anda akan diganti sesuai nilai yang disepakati.

Asuransi TLO preminya lebih murah, berkisar 0,8%-1% dari harga kendaraan. Masa berlaku asuransi ini selama satu tahun.

Misalnya kendaraan beroda empat Anda berharga Rp200 juta, premi TLO berkisar Rp1,6 juta-Rp2 juta.

Selain itu, baik asuransi kendaraan beroda empat all risk maupun asuransi kendaraan beroda empat total lost only, untuk menerima penggantian jawaban kerusakan yang diakibatkan oleh Anda sendiri, ada yang disebut sebagai own risk (atau biasa disebut OR).

Ini yaitu biaya yang menjadi kewajiban pemegang polis. Bila terjadi risiko, Anda diharuskan membayar yang menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Nilainya sudah ditentukan oleh pihak asuransi, contohnya Rp300 ribu per kejadian.

Maka kalau terjadi kerusakan kendaraan beroda empat senilai Rp1,3 juta, Anda harus membayar Rp300 ribu dan asuransi akan menanggung sisanya.

sumber: finansial

Subscribe to receive free email updates:

ADS