ADS

Menyelamatkan Rumah Dan Kendaraan Dengan 'Asuransi Banjir'


Musibah banjir kerap menimpa masyarakat sejumlah tempat di kala trend hujan. Tak hanya properti, tak jarang banjir juga merusak dan menjadikan kerugian untuk kendaraan bermotor. 

Persoalannya, belum banyak masyarakat yang memahami bahwa proteksi asuransi sanggup menjamin risiko banjir terhadap aset-aset pelanggan. 

Bahkan, tidak hanya melindungi properti dan kendaraan bermotor pelanggan saja, asuransi yang menjamin risiko banjir merupakan ekspansi dari jaminan utama yang sanggup menjamin risiko isi properti pelanggan.


Abdul Aziz, Product Management Department Head Adira Insurance menyampaikan bahwa asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti sanggup ditambahkan dengan ekspansi jaminan banjir.

Pelanggan sanggup melaksanakan pengalihan risiko banjir ke pihak yang bersedia menanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi kerugian, dengan cara membeli produk asuransi ekspansi banjir. Produk ini menjamin aset-aset pelanggan dari bahaya banjir.

Jaminan ekspansi banjir ini juga sanggup menjamin isi bangunan atau properti, termasuk barang-barang di dalam bangunan apabila memang tercantum dalam polis dikala asuransi didaftarkan.

"Pelanggan sanggup mengajukan klaim. Penggantian kerugian berdasarkan hasil analisa nilai kerugian yang dialami Pelanggan sesuai dengan polis asuransi yang dimiliki," kata Aziz, Selasa (21/3). 

"Misalnya, kalau kendaraan beroda empat mengalami kerugian parsial, maka penggantian kerugiannya yaitu berupa biaya perbaikan dan suku cadang. Jika mengalami kerugian total, maka penggantian sesuai nilai pertanggunggan asuransi pada polis Pelanggan."

Jika terdapat pelanggan yang ingin melaksanakan penyelamatan kendaraan atau barang-barang lainnya yang terdapat di bangunan properti atau rumahnya, maka biasanya perusahaan asuransi juga akan menyediakan call center. 

Aziz mencontohkan, Adira Insurance menyediakan call center Adira Care 1500 456 yang mendapatkan laporan maupun usul derma penyelamatan selama 24 jam. 

Selain itu, untuk ekspansi jaminan banjir terhadap kendaraan bermotor, Adira Insurance mempunyai kemudahan Emergency Road Assistance yang siap membantu Pelanggan dalam kondisi darurat di jalan.

Aziz mengingatkan bahwa risiko banjir merupakan ekspansi risiko dalam polis standar. Agar klaim banjir sanggup diterima, pelanggan harus memastikan dengan membeli ekspansi jaminan yang diakibatkan oleh banjir. 

“Pelanggan harus memahami isi dari polis asuransi biar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berasuransi. Kami juga akan terus melaksanakan edukasi terkait dengan isi polis asuransi dan pentingnya berasuransi,” ujar Aziz.

Terkait dengan pentingnya berasuransi, berdasarkan Rian Ardianto, Underwriting Motor Vehicle Department Head Adira Insurance, pada umumnya masyarakat belum menyadari pentingnya berasuransi untuk memproteksi diri dari banyak sekali kemungkinan kerugian yang sanggup timbul sewaktu-waktu. 

“Karena asuransi merupakan produk yang bersifat intangible atau tidak berwujud, maka manfaat dari produk ini gres sanggup dirasakan pada dikala terjadi kerugian,” ujar Rian.

sumber: cnnindonesia

Subscribe to receive free email updates:

ADS