ADS

Cek Asuransi Mobil, Supaya Liburan Lebih Tenang


 Demi memastikan perjalanan liburan jarak jauh terasa nyaman dan aman, melaksanakan pengecekan kendaraan sudah jadi hal wajib. Namun, semoga semakin hening tak ada salahnya memastikan juga soal asuransi mobil.

Setidaknya ada jaminan, jikalau pengemudi tak harus khawatir soal kendaraan yang akan dibawa berlibur. Jangan hingga kita tidak memahami apa yang bahwasanya yang pihak asuransi berikan.

Laurentius Iwan Pranoto, Marketing Communication and Public Relations Head Asuransi Astra mengatakan, pemahaman soal asuransi sangat penting ketika akan mengajukan klaim, ketika kendaraan beroda empat rusak selama perjalanan wisata.

“Karena yang sering terjadi di lapangan, yaitu adanya ketidakpuasan pelanggan kepada pihak asuransi, yang bahwasanya terjadi alasannya yaitu kurang pahamnya pelanggan mengenai isi polis,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Rabu (27/12/2017).

Iwan coba memperlihatkan beberapa tips yang sekiranya sanggup dilakukan sebelum berlibur memakai kendaraan beroda empat pribadi.

Pertama, baca isi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) dengan seksama. PSAKBI didapat bersamaan dengan Polis. Penting untuk mengetahui istilah-istilah standar dan bahasa aturan dalam PSAKBI.

“Demi lebih memudahkan pemahanam mengenai maknanya, tanyakan pribadi pada petugas atau call center asuransi,” ucap Iwan.

Kedua, baca ikhtisar isi polis mobil, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap kendaraan kita.

Ketiga, pastikan termasuk ke dalam jenis pertanggungan apa asuransi kendaraan beroda empat kita, apakah Total Loss Only atau Comprehensive. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.

Keempat, perhatikan ekspansi apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, apakah kerusuhan dan huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab aturan pihak ketiga atau lainnya. Perluasan jaminan ini sanggup ditanyakan ke petugas asuransi ketika membeli polis.

Kelima, catat nomor telepon penting termasuk nomor telepon provide rasuransi Anda.

Iwan melanjutkan, terkait pengajuan klaim, lengkapi dokumen pendukung menyerupai laporan kerugian dan kronologi kejadian, fotokopi polis, SIM, dan STNK. Bagi pelanggan khusus Garda Oto sanggup menghubungi Garda Akses untuk melaporkan insiden yang dialami.

“Garda Akses gunanya untuk mendapat pinjaman cepat dalam kondisi darurat di jalan raya. Selain itu, bagi pelanggan kami, sekarang sanggup mengajukan klaim lebih gampang lewat aplikasi Garda Mobile Otocare. Bahkan selama masa liburan, sanggup tetap melaksanakan klaim di gerai-gerai Garda Center di aneka macam mal,” ucap Iwan.

Kaprikornus kata Iwan, pemahaman baik mengenai isi polis cukup penting semoga mengetahui dengan niscaya apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pemilik kendaraan. Sehingga tidak perlu was-was lagi ketika menikmati liburan panjang bersama keluarga.

sumber: kompas

Subscribe to receive free email updates:

ADS