ADS

Industri Galangan Kapal Terus Dipacu

                                                                         ilustrasi 

Pemerintah telah menempatkan industri kemaritiman sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan pengembangannya. Sektor tersebut mencakup industri galangan kapal dan penunjangnya. Ini merupakan bentuk kesepakatan untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, melalui visinya Pemerintah terus memacu semoga sektor industri maritim yang dimiliki Indonesia berdaya saing tinggi di tingkat global. Saat ini perkembangan sektor industri galangan kapal dunia didominasi oleh Cina, Korea Selatan, dan Jepang.

Bagi Indonesia, sektor maritim bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, tetapi juga sebagai simbol kekuatan dan kedaulatan negara. Bahkan, sektor ini memiliki tugas penting untuk menyatukan wilayah yang tersebar di Indonesia. "Kami ingin kapasitas industri galangan kapal nasional bisa naik sampai 2-3 kali lipat,” kata Airlangga dalam siaran persnya, Selasa (3/7).

Airlangga meyakini industri galangan kapal Indonesia bisa meningkatkan kemampuan produksinya mengingat upaya penguatan sarana transportasi bahari guna mewujudkan konektivitas antar wilayah. Selain itu, pasar internasional juga masih prospektif. 

Pada tahun 2017, tercatat jumlah order pembangunan kapal di Indonesia sebesar 218.300 gross tonnage (GT). Pembangunan kapal di Indonesia lebih banyak didominasi untuk mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri sebesar 83%, yang diperkirakan sebanyak 120 unit atau 135.440 GT. Sedangkan, sisanya untuk ekspor, sekitar 24 unit atau 82.860 GT.

Di kurun revolusi industri 4.0, industri galangan kapal dinilai strategis berperan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami telah mendorong industri komponen di dalam negeri semoga menjadi supply chain untuk memproduksi kapal,” tutur Menperin.

Kementerian Perindustrian telah menginisiasi insentif proposal penurunan tarif bea masuk komponen kapal melalui denah khusus serta tax holiday yang nantinya sanggup dimanfaatkan sebagai stimulus untuk meningkatkan kinerja industri galangan kapal nasional.

Begitu pula dari sisi finansial, pemerintah akan mengupayakan dan mendorong semoga kegiatan perjuangan sektor industri galangan kapal sanggup pertolongan dari sektor perbankan atau pembiayaan sehingga kesempatan untuk melaksanakan perluasan bisnis pembangunan kapal akan semakin terbuka lebar.

sumber: kontan 

Subscribe to receive free email updates:

ADS