ADS

Tak Perlu Galau Lagi, Pilih Tabungan Atau Asuransi ?

Memiliki rekening tabungan bank sekarang sudah menjadi kebutuhan primer seiring dengan peningkatan kebutuhan transaksi yang banyak memanfaatkan jasa perbankan. 

Khusus untuk tabungan yang dilengkapi dengan asuransi jiwa, Anda mungkin sudah banyak menemui di banyak sekali bank. Di Bank Mandiri, misalnya, ada Tabungan Rencana Mandiri, kemudian di CIMB Niaga ada Tabungan Mapan, kemudian ada pula Tabungan Taka di OCBC NISP, dan lain sebagainya.

 Memiliki rekening tabungan bank sekarang sudah menjadi kebutuhan primer seiring dengan pening Tak Perlu Bingung Lagi, Pilih Tabungan atau Asuransi ?Kebanyakan bundel tabungan dan asuransi itu melindungi kelanjutan pembayaran setoran tabungan dikala si nasabah meninggal dunia. Alhasil, si jago waris tetap mendapat tabungan sesuai sasaran di awal kontrak, tanpa ada tunjangan santunan uang pertanggungan.

Pertanyaannya, seberapa menarik menempatkan dana di produk tabungan dengan fitur asuransi ibarat itu? Diana Sandjaja, perencana keuangan MRE Consulting, menilai beberapa produk menarik di mata mereka yang masih awam dengan produk investasi?? Terlebih, antara uang yang disisihkan lebih kecil dibandingkan pengembalian yang nanti diterima? Namun, jangan terburu menubruk sebuah produk sebelum melihat lebih detail. Ada baiknya memperhatikan saran dari para perencana keuangan lebih dulu, berikut ini:

Lihat kebutuhan, pilih asuransi atau cukup tabungan

Membeli produk keuangan atau investasi tidak berbeda dengan membeli barang biasa. Anda harus tahu persis produk ibarat apa yang Anda butuhkan. Untuk mengetahui produk yang tepat, Anda perlu menentukan terlebih dulu tujuan keuangan dan menyiapkan perencanaan. Dengan mengetahui tujuan keuangan, Anda dapat lebih sempurna menentukan instrumen atau produk ibarat apa yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Misalkan Anda butuh asuransi jiwa dengan nilai uang pertanggungan Rp 1 miliar. Menjadi salah alamat jikalau Anda malah membeli asuransi jiwa dengan uang pertanggungan  Rp 50 juta hanya alasannya yaitu tergiur kemasan produk yang seolah menarik.

Pelajari produk asuransi atau tabungan dengan detail 

Sebelum memutuskan membeli sesutaatu, pastikan Anda tahu apa yang Anda beli. Tabungan bank unggul dari sisi likuiditas atau fasilitas pencairan dana kendati bunganya kecil. Dus, produk tabungan dengan keterbatasan waktu penarikan terang kurang menarik dipilih. Rakhmi Permatasari, perencana keuangan Safir Senduk dan Rekan, menambahkan, tabungan juga tidak sempurna dipilih jikalau Anda bertujuan berbagi dana. Pilihlah produk investasi, ibarat reksadana, obligasi, atau saham.

Sebagai contoh, dengan menyisihkan Rp 334.000 per bulan di reksadana saham berimbal hasil rata-rata 20% per tahun selama 10 tahun, Anda berpeluang memperoleh dana Rp 127,7 juta! Itu pun tanpa ada pembatasan kapan Anda hendak mencairkannya.

Risiko reksadana saham memang lebih besar dibanding tabungan. Namun, dengan taktik diversifikasi risiko yang tepat, berbagi dana di produk investasi yaitu langkah terbaik jikalau Anda ingin mendapat hasil sesuai tujuan keuangan.

Jangan malas mencari info perihal asuransi atau tabungan

Setiap produk keuangan dan investasi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tak perlu resah menghadapi ajuan produk nan bejibun. Syaratnya, Anda dihentikan malas meluangkan waktu untuk berguru dan meriset produk yang ada di pasaran satu per satu.

Manfaatkan info yang melimpah di media untuk menambah pengetahuan finansial Anda. Untuk mengetahui kebutuhan asuransi jiwa atau dana investasi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi penghitungan di laman institusi perencana keuangan atau perusahaan asuransi. 

Semoga dengan membaca info ini, anda dapat lebih mantap menentukan asuransi atau tabungan. Untuk mengetahui daftar Asuransi yang ada di Indonesia dan Asuransi terbaik baca Asuransi Terbaik 2015 dan Daftar Seluruh Asuransi Di Indonesia. Sebelum mengklaim Asuransi baca ini dulu Pengertian Klaim Asuransi, Cara Klaim Asuransi.


Sumber : kontan.co.id

Subscribe to receive free email updates:

ADS